Sabtu, 06 Juni 2020

Penyebab Game Macet di PS2

REVISI 09 Desember 2021
 
Ada berbagai macam penyebab, suatu game tidak bisa dijalankan di PlayStation2 (PS2). Umumnya mereka yang mengisikan game akan bilang “GAME NYA MACET”, “GAME NYA GAG BISA DIMAINKAN”. Mungkin mereka masih belum paham dengan baik, mengapa game tersebut tidak jalan. Berikut ini adalah beberapa penjelasannya. Semoga bisa menambah experience kamu dan kamu tidak lagi buru-buru menyalahkan para teknisi/Jasa Isi Game, jika suatu saat game yang kamu isikan ke dalam Harddisk atau Removable Media kamu mengalami stuck (tidak jalan atau tidak bisa dimainkan) di PS2 kamu.

1.    GAME TERSEBUT BUKAN GAME PS2
Ya. Jika game tersebut bukanlah game PS2, tentu saja tidak dapat dijalankan di PS2, TERKECUALI, Game tersebut ada aplikasi pengemulasinya dan mampu dijalankan di PS2. Contoh? kamu bisa memainkan game Nintendo (NES) atau Super Nintendo di PS2 (seperti game Nintendo Mario, meskipun itu sebenarnya bukan game PS2). Contoh yang rasanya masih mustahil (saat saya menulis revisi artikel ini) adalah jika kamu minta diisikan game PC seperti Nier AUTOMATA, dan game
plaftform Android seperti Mobile Legend dan PLAYER’S UNKNOWN BATTLEGROUND ke PS2. Juga game-game untuk generasi setelah PS2 [seperti PlayStation 3 (PS3), PlayStation 4 (PS4) dan PlayStation 5 (PS5)] ke PS2. Dari Handheld PlayStation Portable (PSP) dan PlayStation VITA (PSVITA) pun juga belum bisa dimainkan di PS2. Sedangkan jika game di mesin "kakaknya" yang legendaris yakni PlayStation (PS1/PS One atau PS dan biasanya dikenal juga dengan kode PSX), bisa dimainkan di PS2. Game-game Nintendo GameBoy, GameBoy Color dan GameBoy Advance pun BISA.
 
[[Adv. Spoiler: Kamu bisa kunjungi toko saya untuk pengisiannya.]]





2.    SALAH PARTISI
Harus FAT32 jika REMOVABLE MEDIA, dan format PS2 jika HARDDISK INTERNAL. Itu partisi game yang dikenali oleh PS2 kamu. Jika kurang paham, silahkan googling.


3.    FRAGMENTASI DATA GAME DI HARDDISK / REMOVABLE MEDIA
Ini adalah penyebab umum dan mungkin paling sering ditemui pada Removable Media kamu. Harddisk/SSD External, Flashdisk dan SDCard kamu mungkin akan mengalaminya ketika kamu mengisi, menghapus dan mengisi lagi suatu game. Jika demikian, meskipun game yang sebenarnya normal dan diisikan di Removable Media kamu mengalami macet, sebaiknya kamu periksa Removable Media kamu. Jika terjadi fragmentasi Data Game, kamu harus paham bahwa itulah salah satu penyebab game yang tadinya normal menjadi macet saat kamu mainkan. kamu dapat meminta perbaikan pada teknisi jika kamu tidak mau repot memperbaiki sendiri Fragmentasi Data Game. Atau kamu juga bisa memformat Harddisk/Removable Media kamu jika ingin cara pintas. Sayangnya semua isi yang ada di dalam Harddisk / Removable Media kamu akan terhapus.

Namun demikian, jika game yang tadinya normal lalu macet, sedangkan tidak terjadi fragmentasi data, silahkan lanjut baca ke point 4.
 
[[Adv. Spoiler: Kamu juga bisa kunjungi toko saya untuk proses repair/perbaikan Fragmentasi Data Game.]]


4.    HARDDISK / REMOVABLE MEDIA YANG SUDAH MULAI MENUA / RUSAK
Ya. Ini bisa jadi kemungkinan lain yang menyebabkan game tidak berjalan. Harddisk (meksipun bukan mahkluk hidup), ternyata dibekali suatu penanda/indikator tentang kondinya seperti suhu, performa dan umur harddisk. Jika umur harddisk sudah begitu tua/mulai menua (mulai rusak karena performa harddisk sudah berkurang), bisa jadi game yang diisikan tidak tersimpan dengan baik di dalam Removable Media kamu.
 
[[Adv. Spoiler: Kamu juga bisa kunjungi toko saya untuk proses repair/pengecekan kondisi media penyimpanan game kamu.]]


5.    EXPLOIT PROGRAMS (+LOADER) / MODCHIP / KEDUANYA
Kamu lelah bermain lewat media kaset game PS2. kamu pun akhirnya punya Harddisk atau Removable Media. kamu begitu senang. kamu pun pergi ke tempat jasa isi game. Kamu pun  isi beberapa game kesayangan kamu. Selesai isi, kamu pulang ke rumah mu. Sudah tak sabar ingin segera bermain game tanpa media kaset. Tapi saat di nyalakan, PS2 mu tidak bisa membaca 1 pun game yang ada di harddisk atau Removable Media kamu. Loh? Kenapa ini? Apa saya ditipu Tukang Isi Game tadi? BELUM TENTU loh! Coba cek dulu deh, PS2 kamu sudah pakai exploit programs [EP] atau belum. Seandainya mengabaikan hal itu (karena di seri 9, ada exploit penting yang tidak bisa dijalankan), PS2 kamu sudah terpasang ModChip (Modification Chip) atau belum? Kalau belum, wajar saja kalau game nya tidak muncul. Kalu sudah pakai EP atau pasang ModChip, Coba atur setingan nya. Kalau sudah atur seting nya dengan benar tetapi game masih tidak muncul, coba cek EP kamu / ModChip-nya, masih normal atau sudah rusak secara fisik maupun software. Percayakan ke Servis PS2 jika kamu tidak paham cara cek EP dan ModChip. Tambahan: Sejak 2020, tanpa ModChip pun, PS2 untuk versi SLIM sudah bisa digunakan untuk bermain game lewat Harddisk / Removable Media dengan menggunakan "MCMOD" (istilah saya untuk settingnya). Catatan: Foto dari berbagai sumber di internet.
 
[[Adv. Spoiler: Kamu bisa kunjungi toko saya untuk pen-setting-annya.]]







 

Bermain game tanpa media kaset/CD/DVD game, Selain menambahkan ModChip, suatu game PS2 memerlukan loader agar dapat dimainkan. Suatu game terkadang tidak cocok dengan loader yang dipasang sehingga game yang normal pun tidak akan berjalan. Dan lagi, ada beberapa game yang macet, dan memerlukan seting tambahan agar bisa dimainkan lewat LOADER. Kamu bisa cek di google tentang game apa saja yang cocok dan mana yang masih belum dapat dijalankan lewat loader. Saya masih belum mungkin menuliskan semua keterangannya disini. Ada lebih dari 15.000 game PS2, Kawan! (dan dari sebanyak judul itu, memang ada beberapa game yang mutlah tidak dapat dijalankan di model /system tertentu).


6.    KASET / FILE / DATA GAME YANG CORRUPT (RUSAK / ERROR)
Jika point 1-6 tidak terjadi pada PS2 kamu, makan kita masuk ke point ini, dimana game yang macet terjadi karena memang dari segi game nya yang rusak/macet. Hal ini jarang saya temui, tetapi jika ada, kemungkinannya adalah yang paling akhir dilakukan check.


 
7.    LEBIH DARI 1 DISC / MULTI DISC GAME
Ada beberapa game PS2 yang mempunyai jumlah disc/kaset lebih dari 1 keping CD/DVD. Sebagai contoh: Onimusha: Dawn of Dreams (Shin Onimusha atau Onimusha 4) yang mempunyai jumlah 2 buah keping DVD. Jika kamu memainkan gamenya dari disc 1, kemungkinan gamenya lancar. Tapi jika ingin memainkan disc 2-nya, tidak akan bisa jika masuk ke menu NEW GAME. Untuk memainkan disc 2, kamu memerlukan ending save dari disc 1-nya. Namun tidak semua judul game PS2 seperti itu. Contoh di Game Devil May Cry 2 (DMC2). Hal yang sedikit berbeda ada di game ini. Meskipun sama-sama terdiri dari 2 buah disc, namun kita bisa memilih untuk memainkan disc yang mana yang ingin kita mainkan, meskipun dengan memilih NEW GAME.
 
 
8.    COMPABILITIES ISSUE
Beberapa game hanya bisa dimainkan di media tertentu. Contoh: Yu-Gi-Oh! GX: TagForce Evolution yang hanya bisa dimainkan di versi PS2 HDD Internal dan dari media DVD Game-nya. Lalu ada game Toy Story 3 yang tidak bisa dimainkan lewat PS2 HDD Internal (akan hang), tetapi lancar dimainkan lewat media USB. Ada pula game yang tidak bisa di media PS2 HDD Internal dan USB, tetapi lancar di media LAN seperti Samurai Warriors 2 EMPIRES  dan Dynasty Warriors GUNDAM 2.
 
9.    GAME MOD / Game edit-an
Kelebihan dari game editan (yang pernah saya temui) adalah (biasanya) lebih ramah kapasitas media penyimpanan dengan menerapkan metode ripping. Ada beberapa game ps2 yang memiliki ukuran game yang sangat besar. contoh Dynasty Warriors 6 (7,2GB), Xenosaga episode I (hampir 8GB kalau saya tidak salah ingat), Yakuza 2 (7,7GB). Dengan ukuran yang begitu besar, jika memungkinkan untuk dikecilkan ukuran game nya tanpa merubah segi permainannya (game nya tidak error), tentu hal ini maih layak dilakukan. Game editan bisa di cek dari segi ukuran dan/atau isi game-nya, dan kamu bisa cocokkan dengan game aslinya sebelum diubah.
 
TIDAK SEMUA game versi MOD akan macet dimainkan di PS2. Kebanyakan lancar. Jika ada yang macet, bisa intip lagi point 6, 7, 8 dan 9. Beberapa game PS2 memang ada versi editannya (saya sendiri juga mengedit beberapa game PS2, cek disini untuk list-nya). Game versi editan biasanya tidak kalah menyenangkan untuk dimainkan karena di-edit lebih ke arah selera dan ramah kapasitas penyimpanan.
 
 
 
 
[[Adv. Spoiler: Kamu bisa kunjungi toko saya untuk peng-edit-annya, jika ada beberapa game yang kamu suka. Tetapi tidak semua game bisa di edit loh..]]
 


10.   ID GAME
Apa itu GAME-ID? Detailnya bisa dicari di google, namun secara singkat, dari yang saya ketahui, GAME-ID (PS2) adalah suatu kode unik per-game yang berfungsi sebagai KODE GAME berikut KODE WILAYAH (REGION)-nya. Jika kode ini diubah/diutak-atik, game-nya akan error/tidak bisa dimainkan/dijalankan.
 
Ini berkaitan dengan point nomor 9. Terkadang suatu game yangt di MOD, ID game-nya ikut berubah, seninga membuat game tersebut menjadi tidak bisa dimainkan meskipun stuktur DISC nya sudah kembali / lengkap. Namun biasanya juga, game ID yang membuat game-nya macet masih dapat diperbaiki. Saya cukup sering mengedit-nya juga karena terkadang ada 2 buah game dengan judul yang berbeda namun dengan ID GAME yang sama, sehingga untuk membedakan gamenya dari GAMELIST / Daftar Game, harus mengubah salah satu ID-GAME nya.

[[Adv. Spoiler: Kamu bisa kunjungi toko saya untuk peng-edit-annya, jika ada beberapa game yang kamu suka mengalami error karena masalah GAME-ID nya berubah / beberapa GAME kamu memiliki GAME-ID yang sama. Tetapi tidak semua game bisa di edit loh.. Ada game yang mengharuskan ID-GAME asli nya agar dapat berjalan normal ketika dimainkan / tidak macet dimainkan.]]
 
11.    ELF-GAME
Ya. Jika kamu memiliki game dengan model basis ELF, tidak semua ELF dapat berjalan langsung lewat menu Game. Juga ada ELF yang normal (game/bukan game) namun karena "tidak cocok" dengan mesin PS2 kamu, game-nya menjadi tidak dapat dijalankan. Tidak perlu memusingkan lama-lama game dengan basis ELF ini karena jumlahnya tidak sebanyak game PS2 pada umumnya. Game berbasis ELF tetap layak dikoleksi karena merupakan game dengan icon "I AM A GAME MAKER" (istilah saya, loh ya...) karena biasanya adalah mereka, para developer indie yang membuatnya. Satu contoh game berbasis ELF yang lancar dimainkan adalah Beats of Rage (versi PS2 tentunya), dengan gaya permainan ala Cadillac and Dinosaur-nya CAPCOM.
 
Terimakasih sudah membaca artikel saya. Semoga dapat memperjelas pemahaman kamu tentang macetnya suatu game PS2. Jika ada perubahan baru (dan saya sempat), saya akan coba meng-update-nya. Sejauh ini, sudah lebih dari cukup. Terimakasih. [Revised at 2021/12/09].


===============================
Useful link / toko saya:
AIONGAME CENTER 
===============================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAMEN RIDER REVICE